Ponti, Sebuah Perayaan Kemenangan

Ponti, sebuah nama. Tak sesederhana kau mengucapkannya. Tak sesederhana kau memanggilnya. Pada setiap panggilannya, ada benang merah masa lalu yang terpilin panjang. Padanya, sebuah kota di garis katulistiwa. Padanya, sebuah pintu menuju jalur kenangan. Padanya, sebongkah prasasti untuk mengabadikan masa kejayaan. Padanya, selembar undangan reuni, persabatan jiwa-jiwa pengembara yang tak akan habis masanya. Padanya, sebuah harapan akan cinta.

Ponti, sebuah nama. Tak seringan kau mengucapkannya. Tak seringan kau memanggilnya. Ada masa yang berat bagi seorang gadis kecil. Berlari-lari dari olokan teman sebaya, mengucek-ngucek matanya yang tidak gatal pun tidak basah, tersedu sedan, mencari perlindungan pada rengkuhan tangan ibunya.

Ponti, sebuah nama. Ada sebuah rencana yang tak terbaca. Mungkin ini sengaja, agar ia puas menangis di usia kanak-kanaknya. Agar saat perjalanan dewasa ia sudah bosan dengan kelemahan. Ada sebuah harapan yang tak terucap. Seseorang membutuhkan pemilik nama itu menjadi kuat, ibunya.

Ponti, sebuah nama. Ada sebuah kelegaan. Ah semua sudah terlewati. Semakin hari semakin banyak hal yang lucu dari nama ini. Semakin hari semakin bisa tersenyum dan tertawa karena nama ini.

Ponti, sebuah nama. Ada sebuah perayaan kemenangan di tiap kau memanggilnya.

___________________

Selamat Ulang Tahun Ponti, saatnya merayakan kemenanganmu…

Suryawan Wahyu Prasetyo, Maret 2012

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s